BUAH CAMPOLEH YANG KAYA AKAN MANFAAT

Pernahkah anda jalan - jalan ke tempat yang penuh pepohonan lebat, atau sebuah desa yang masih banyak perkebunan nya, tentu saja sangat menyenangkan bukan, apalagi kita dapat menghirup udara segar dan menikmati pemandangan yang indah.
Tempat - tempat tersebut tentu sudah jarang ditemu apabila anda tinggal di kota besar atau tempat yang padat penduduknya
Kalau anda berjalan - jalan kesebuah desa terutama didaerah Jawa Barat, pasti anda akan menemukan suatu pohon yang berbuah bulat atau lonjong sebesar kepalan tangan orang dewasa, mirip - mirip seperti buah Delima atau Kecapi, namun tampilan kulitnya mengkilat agak kusam.
Tekstur isinya lembut tapi padat dengan rasanya yang manis apabila sudah masak, dimakan juga akan terasa seperti ubi kayu, daging isinya juga berwarna kuning dan akan meninggalkan bekas warnanya di gigi atau lidah bila habis dimakan.
Didalam tekstur isinya ada biji yang berwarna hitam atau kecoklatan sebelah dan sebelah lagi ada lapisan bergerigi berwarna putih. Seluruh biji akan ditemukan lapisan kulit ari berwarna sama dengan warna daging buahnya, yang menempel disekitar biji tersebut, setelah dibersihkan, kulit ari tersebut maka baru kelihatan biji buah.
Ya buah tersebut adalah buah Campoleh, pohon yang mudah tumbuh di daerah tropis,dikenal juga sebagai sawo Walanda, berasal dari Meksiko dan Kuba yang bernama latin Pouteria campechiana.
Kalau dalam bahasa Inggris disebut sebagai egg fruit karena kemiripan bentuknya yang seperti telur.
Buah ini termasuk buah yang sudah langka dan tidak familiar karena tumbuhnya secara liar, tidak diperjual belikan dan tidak ada komoditas perkebunan atau masyarakatawamyang mengembang biakannya secara masal atau dipelihara dipekarangan rumah pada umunyaseperti halnya buah rambutan, mangga atau manggis.
Karena tumbuh secara liar dan menyebar begitu saja akhirnya buah ini tidak seterkenal buah - buah konsumsi dan akhirnya hanya dianggap sebagai tanaman biasa dengan pohonnya yang rimbun hanya dijadikan sebagai pohon peneduh atau penahan angin,atau dengan akarnya yang kuat sebagai penahan tanah terjal dijadikan penahan longsor.
Buah ini dikenal juga sebagai sawo mentega.
Namun keliaran serta kelangkaannya buah ini tidak sebanding dengan kandungan gizi yang terdapat didalamnya ternyata.

Buah Campoleh kaya akan gizi dan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah ini juga kaya akan Karoten, vitamin B dan mineral penting lainnya. Juga terdapat vitamin C yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, selain itu Buah Campoleh terdapat provitamin A Karotenoid, dimana Karotenoid ini akan diubah menjadi vitamin A didalam tubuh .
Kalau buah ini dikonsumsi secara teratur, buah Campoleh akan menjadi obat alami membersihkan infeksi jamur dan bakteri dalam tubuh.


Khasiat lainnya dari buah ini adalah efektif untuk pengobatan mata kering, serta mengurangi resiko katarak dan degenerasi mekula untuk lanjut usia.
Buah yang masak akan sangat bermanfaat untuk pencernaan karena kaya akan serat, apalagi serat juga sangat bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah serta pengendali kolesterol jahat.
Sering - seringlah makan buah Campoleh secara teratur, karena ternyata bisa meningkatkan kekebalan tubuh, mengobati batu, flu serta infeksi paru - paru.
Ada juga kabar buah ini mempunyai flavonoid anti HIV dan anti tumor, anti-inflamasi, dan efek antimikroba.
Vitamin A yang terdapat didalamnya juga sangat baik untuk kesehatan mata
Demikianlah informasi tentang buah Campoleh dengan segala manfaat dan keunikannya.

Comments