RESEP JIPANG ENAK DAN RENYAH

Kalau menghadapi musim lebaran atau hari raya Idul Fitri kita tentunya akan selalu sibuk membuat segala macam masakan dan kue, baik kue kering ataupun kue basah, terutama untuk kaum ibu - ibu.
Tidak akan meriah rasanya penyambutan hari raya Idul Fitri tanpa baju baru dan makanan - makanan yang bermacam - macam apalagi ketupat.
Tiap - tiap daerah tentunya juga akan membuat makanan khas daerah masing - masing walau  terkadang ada juga lho yang bentuk, rasa dan warna serta bahan makanannya serupa tetapi beda nama makanannya,tidak salah memang kalau Indonesia merupakan negara yang kaya akan ragam budaya, adat istiadat,bahasa dan makanan tentunya.
Mengenai kue terutama kue kering, di daerah penulis ada suatu kue kering yang biasanya hanya di sajikan pada saat hari raya Idul Fitri saja, terkadang ada juga yang menyajikannya dikala hajatan tetapi sangat jarang, dan kalau di selidiki kue ini sepertinya menjadi ciri khasnya kue Betawi, Depok dan Bogor karena penulis hanya mendapatkan di daerah - daerah tersebut saja ketika Idul Fitri. Nama kue itu adalah kue biji ketapang.Ya kue biji ketapang atau di sebut Jipang, seperti nama buah memang tetapi ini adalah kue kering yang berbentuk bulat agak lonjong dengan tekstur renyah dan lembut ( ngepruy kalau sebutan di daerah penulis ) serta rasa ada yang dibikin manis ataupun gurih.
Baiklah dengan tidak panjang lebar penulis akan memberikan resep kue biji ketapang agar tidak penasaran untuk itu siapkanlah :

Bahan - bahan
-  Tepung terigu              1 kg
-  Gula pasir                   0.5 kg
-  Telur ayam                  1 btr
-  Mentega                     1/4 kg
-  Kelapa parut  kecil      1.5 butir  ( yg tua )
-  Minyak goreng            2 kg
-  Vanili ( opsional )         10 gr
-  Garam ( opsional )     

Cara memasak  
-  Campurkan mentega, telur, gula pasir, sedikit garam dan kelapa parut serta vanili, lalu di aduk sampai larut gula, setelah larut masukkan sedikit demi sedikit terigu sambil di aduk.
-  Lalu aduk semua bahan tersebut menjadi adonan yang kalis, apabila kurang kalis tambahkan mentega.
-  Setelah siap ambil segenggam adonan atau secukupnya, dijadikan bentuk bulat memanjang setelah itu dipotong - potong agak serong memakai gunting kira - kira 0.5 - 1 cm ( sesuai selera saja ).
- Goreng adonan yang telah di potong dalam minyak panas dengan api sedang ( goreng kedalam minyak yang sudah agak panas ) sambil di aduk.
- Setelah masak ( dengan ciri kuning kecoklatan ) lalu angkat dan tiriskan, setelah tiris dan dingin masukan dalam toples.

Kue akan tahan selama 1 atau bisa juga 2 bulan, tergantung cara kita memasak dan kualitas bahan.

Comments