Manfaat Memelihara Lebah Klulut/Trigona

Lebah klanceng/Klulut merupakan lebah kecil yang tidak bersengat, bentuknya yang kecil bahkan lebih kecil dari pada lalat dengan warna hitam. Kini sudah banyak yang membudidayakannya karena manfaat dan khasiat madu klanceng ini di percaya lebih baik dari madu biasa. Hal ini menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan jika anda ingin membudidayakan.

Mengapa Banyak Manfaat Memeliharanya

Lebah termasuk hewan yang menyerap madu dan putik sari tumbuhan, maka Lebah Apis ataupun Trigona termasuk serangga yang mempunyai manfaat secara tidak langsung demi kelangsungan panen buah - buahan yang berasal dari penyerbukan.
Khususnya lebah Trigona yang mempunyai tubuh lebih kecil, sehingga sangat memungkinkan tubuhnya bisa masuk lebih dalam kesela - sela bunga yang kecil ataupun sempit, sehingga akan lebih maksimal hasil penyerbukannya dibanding dengan lebah pada umumnya yang bertubuh agak besar.
Penyerbukan bisa juga lewat angin namun biasanya kurang maksimal tergantung seberapa banyak angin akan bertiup, maka serangga khususnya lebah mempunyai peran yang juga penting dalam keberhasilan penyerbukan baik itu pohon buah - buahan, palawija ataupun sayur mayur. 

Lebah Trigona dan Hasilnya.

Kandungan gizi dalam madu lebah klanceng ( baik Trigona Leavics, Itama atau jenis lainnya ) antara lain :
- Kandungan Vitamin : Thiamin (B1), Riboflavin (B2), (B3), Asam Askorbat (C), (B5), Piridoksin (B6), Niasin, Asam Pantotenat, Biotin, Asamfolat dan vitamin K
 - Mineral : Natirum (Na), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Alumunium (A1), Besi (Fe), Fosfor dan Kalium (K), Pottassium, Sodium Klorin, Sulfur.
 - Enzim-enzim Utama : Diatase, invertasem glukosa oksidase, fruktosa, peroksidase, lipase juga mengandung sejumlah kecil hormon, tembaga, iodium dan zinc.
Dengan banyaknya kandungan vitamin, mineral dan enzim-enzim tersebut, tidak heran madu trigona banyak di andalkan dalam menjaga kesehatan tubuh dan meningkatka daya tahan tubuh dari penyakit. Khasiat dan manfaat  madu trigona atau lebah klanceng yaitu antara lain :
- Meningkatkan daya tahan tubuh - Mencegah Stroke - Memperlancar peredaran darah - Meningkatkan hormone
- Memperkuat fungsi otak dan jantung
- Memperbaiki sel tubuh yang rusak
- Recovery tubuh
- Mengendurkan bagian syaraf yang tegang
- Menghilangkan rasa letih
- Meningkatkan kecerdasan anak
- Dapat dikonsumsi penderita diabetes
- Membantu masa penyembuhan pasca operasi
- Mencegah Kanker dan stroke
- Sangat dianjurkan minum setiap hari untuk dewasa dan Manula dalam mnjaga
Mungkin nama madu lanceng atau klanceng yang dihasilkan dari lebah Klanceng (Trigona Spp) masih terdengar asing di telinga sebagian orang. Padahal, sejatinya madu ini sudah ada sejak lama. Bahkan ada yang menyebutnya lebah lanceng sudah ada sejak jutaan tahun silam. Jika biasanya, madu memiliki rasa manis. Tetapi, tidak dengan madu lanceng. Madu jenis ini justru memiliki rasa yang agak masam dan keras. Dan sangat berbeda dengan jenis madu lainnya. Selain itu, madu jenis inijuga lebih encer dibandingkan dengan jenis madu lainnya.

Comments