Tips membedakan madu asli dan palsu

Madu merupakan salah satu minuman yang sangat bermanfaat bagi tubuh,karena madu merupakan hasil produk dari enzim yang di hasilkan oleh lebah madu.
Kandungan gizi yang terdapat di dalam madu sangat berguna buat vitalitas dan kesehatan tubuh,selain itu bermanfaat juga buat pengobatan dan pencegahan penyakit sehingga tak jarang banyak dokter dan ahli kesehatan yang menyarankan untuk mengkonsumsi madu setiap hari.Akibat kandungan gizinya yang tinggi dan banyak kegunaannya hingga tak heran banyak sekali orang yang mencari yang akhirnya membuat harga madupun lumayan mahal,jadi tak heran kalau banyak orang yang tergiur terjun di bisnis madu sehingga disekitar kita banyak sekali beredar berbagai macam merek madu baik yang berupa kemasan sachet maupun kemasan botol,baik buatan industri besar maupun buatan industri rumahan yang terkadang membuat kita bingung harus memilih mana yang terbaik .Sebetulnya semua madu itu baik asalkan benar benar madu asli dan murni akan tetapi masih saja ada orang yang selalu mengambil keuntungan yang tidak jujur dalam penjualan madu hingga beredarlah yang namanya madu oplosan atau madu campuran yang berarti pula berkuranglah kadar gizi dan manfaatnya malah bisa menimbulkan penyakit bagi kita.
Secara kasat mata dan orang awam madu asli dan madu oplosan/palsu mungkin tidak ada perbedaannya baik itu kemasan dan juga rasa madu itu sendiri sehingga bisa saja kita masih tertipu oleh penjualnya,untuk itu penulis memberikan beberapa tips sederhana untuk membedakan madu tersebut asli atau bukan.
  1. Ambil selembar koran lalu teteskan madu apabila tembus ke balik koran maka di pastikan madu mengandung air atau palsu
  2. Ambil sebatang korek api kayu lalu celupkan ke dalam madu setelah itu nyalakan korek api kayu dengan menggesekkan di tempat korek tersebut (yang berwarna hitam ) kalau menyala itu adalah madu asli kalau tidak maka itu adalah madu oplosan atau palsu yang mengandung air.
  3. Campur madu dengan kuning telur,lalu aduk - aduk,kuning telur akan mengkristal apabila madu tersebut asli,karena telur mengandung asam dan madu mengandung glukosa yang apabila di campurkan asam tersebut akan mengkristal.
  4. Campurkan madu dengan air lalu di aduk,madu asli akan menggumpal dan tidak cepat larut,sedangkan madu palsu akan cepat larut
Demikianlah tips tersebut semoga bermanfaat bagi kita semua,akan tetapi madu juga ada kekurangannya jadi perhatikan pula hal hal berikut :
  • Lebih baik tidak diberikan pada bayi, Spora dari Clostridium botulinum telah ditemukan walaupun dalam persentase kecil dari madu di Amerika Utara. Hal ini tidak berbahaya untuk orang dewasa dan anak-anak, tetapi bayi bisa memiliki reaksi yang serius terutama yang belum genap 1 tahun. Jangan tambahkan madu pada makanan bayi atau digunakan sebagai penenang untuk menenangkan bayi rewel.
  • Madu juga mengandung gula, jadi jangan konsumsi secara berlebihan misalnya dalam satu botol. Ia memiliki nilai kalori tinggi dan akan menyebabkan kadar pada gula tinggi.
Manfaat madu untuk kesehatan sangat besar, namun tentu harus dimanfaatkan secara bijak dan jangan konsumsi secara berlebihan

Comments